7 Tips Sebelum Membeli Susu Formula

0
40
susu formula

Asi adalah minuman penting dan wajib untuk anak pada dua tahun pertama. Namun, bunda bisa menggantinya setelah si kecil berusia 2 tahun. Atau, ada juga yang sudah memberi susu formula  di usia 1 tahun. Semua tergantung dari kondisi si ibu.

Saat ini, ada banyak varian dan produk sufor di pasaran. Nah, agar bunda tidak salah pilih, yuk, simak 7 tips berikut ini:

susu formula
Susu formula

1.  Perhatikan Kandungan Susu

Hal pertama dan terpenting dalam memilihnya yaitu mengecek kandungannya. Pastikan kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan si kecil. Umumnya, kandungan yang terdapat pada produk susu tersebut yaitu seperti prebiotik, DHA, ARA, dan zat besi.

Selain itu, ada juga beberapa kandungan lain untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian si kecil.

2.  Kaya Akan Kalsium

Susu adalah sumber kalsium tertinggi dibandingkan makanan dan minuman sehat lainnya. Kalsium sendiri merupakan kandungan nutrisi yang penting untuk si kecil. Kandungan ini sangat bagus sekali untuk tulang dan gigi.

Selain bagus untuk kepadatan tulang, kalsium juga memiliki manfaat lain. Fungsi lainnya yaitu untuk menjaga struktur rangka hingga meningkatkan kesehatan jantung si kecil.

3.  Memperhatikan Jenis Protein

 Sebelum memilih sufor, sebaiknya bunda kenali terlebih dahulu jenis protein yang ada di dalamnya. Pastikan sufor yang dipilih memiliki kandungan protein whey, atau gabungan antara whey dan kasein.

Jika ingin memilih whey dan kasein, pastikan komposisinya 60:40. Karena, perbandingan komposisi tersebut sudah setara dengan kandungan protein yang ada pada ASI.

4.  Cek Tanggal Kadaluarsa

Mengecek tanggal kadaluarsa adalah hal sepele namun terkadang sering terlupakan. Padahal, hal sederhana ini sangat penting untuk dilakukan. Cara mengecek tanggal kadaluarsa tergolong mudah. Karena, produsen akan mencantumkannya pada kemasan. Silahkan bunda cari terlebih dahulu.

Meski begitu, supermarket maupun minimarket saat ini cukup teliti terkait permasalahan ini. Jarang sekali produk susu kadaluarsa dipajang di untuk dijual. Namun, hal ini tetap harus diperhatikan sebagai pencegahan.

5.  Wajib Terdapat Vitamin D

Selain kalsium, kandungan lain yang harus bunda perhatikan adalah vitamin D. Karena, nutrisi ini juga sangat bagus untuk tulang, dan berkaitan dengan kalsium. Vitamin D akan mengoptimalkan penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Vitamin D bagus untuk penyerapan kalsium pada usia emas si kecil. Dengan begitu, tumbuh kembang si kecil akan lebih optimal. Karena, kalsium dan vitamin D akan mengoptimalkan kekuatan dan kesehatan tulang si kecil.

6.  Kaya Akan Kandungan Asam Amino Esensial

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, kalsium dan vitamin D saja tidaklah cukup. Lengkapi juga dengan kandungan asam amino esensial yang ada pada produk susu tersebut.

Kandungan ini bermanfaat untuk memaksimalkan pertumbuhan si kecil. Kandungan asam amino esensial ini berasal dari protein yang membentuk jaringan tulang, otot, dan mendukung kecerdasan si kecil.

Bunda bisa memilih sufor terbaik dengan kandungan asam amino seperti DHA, AA, AL, kolin, AAL, hingga zat besi.

7.  Pilih Jenis Susu Sapi

Umumnya ada dua jenis sufor yang ada di pasaran. Pertama jenis susu sapi dan kedua jenis susu kedelai. Umumnya, jenis sufor untuk anak-anak terbuat dari susu sapi karena umumnya bayi akan mentoleransi jenis sufor dari susu sapi.

Jenis sufor yang terbuat dari susu sapi jauh lebih baik. Bahkan, produk susu ini bisa bunda berikan secara rutin setiap hari.

Sekian informasi yang bisa kami bagikan terkait tips memilih susu formula yang cocok untuk si kecil. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan bunda tentang dunia parenting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.