Artificial Intelligence, Dobrakan Pada Perkembangan Teknologi

0
86
Inovasi teknologi terbaru
Inovasi teknologi terbaru

Kita sering mendengar tentang artificial intelligence atau AI, sebuah inovasi teknologi terbaru yang berhasil menciptakan berbagai alat canggih dan mencengangkan. Salah satu yang terbaru adalah Bonsai, pohon bonsai yang dilengkapi AI hingga bisa bergerak menuju sinar matahari dan memberitahu pemiliknya jika ia mulai kekurangan air. Sebenarnya apa itu AI dan sejak kapan digunakan secara luas?

Menurut Wikipedia, kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah. Biasanya digolongkan sebagai komputer. Kecerdasan buatan merupakan inovasi teknologi terbaru dalam ilmu pengetahuan yang memungkinkan suatu alat melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan manusia. Misalnya robot yang bisa mengenali wajah dan bermain bola.

Hasil gambar untuk Artificial Intelligence, Dobrakan Pada Perkembangan Teknologi



Saat ini AI digunakan secara luas di berbagai bidang, termasuk kesehatan, militer, ekonomi, bahkan game komputer dan aplikasi software komputer rumahan. Beberapa jenis AI yang sering digunakan sehari-hari misalnya Google search engine dan smart car Tesla. AI sendiri digunakan secara luas sejak tahun 1950-an tepatnya di Universitas Manchester.  Istilah artificial intelligence sendiri secara resmi dikenalkan oleh John Mccarthy pada tahun 1956.

Pakar artificial intelligence yang paling terkenal adalah Alan Turing. Seorang ilmuwan ahli algoritma yang menyempurnakan konsep AI dengan ‘Turing Test’ hingga menjadi AI yang kita kenal sekarang ini. Turing menyempurnakan AI setelah beberapa ahli berhasil menemukan konsep algoritma terbalik dan mengaplikasikan ilmu psikologi dan saraf ke dalam artificial intelligence.

Dengan AI, sebuah mesin atau komputer bisa menjadi lebih bermanfaat dan memudahkan pekerjaan manusia. Namun AI tidak memiliki common sense, hingga pekerjaan yang bisa dilaksanakan hanya sesuai dengan program apa yang diperintahkan padanya. Karena itu Ai hanya bisa membantu pekerjaan manusia, buka  menggantikan peran manusia secara keseluruhan.

Inovasi teknologi terbaru terus berkembang, termasuk inovasi pada AI. Jika kini kita bisa melihat robot pembaca berita atau pelayan restoran seperti di Jepang, atau bonsai yang bisa meminta sendiri air pada pemiliknya, bisa jadi di masa depan kita akan menikmati teknologi yang jauh lebih canggih.